Bedah Buku : The Question Book “What Makes You Tick” (Mikael Krogerus dan Roman Tschappeler)

Shalhan Kurnia Organization Development 01-Apr-2016 17:25

Judul Buku : The Question Book “What Makes You Tick”

Penulis : Mikael Krogerus dan Roman Tschappeler

Penerbit : Profile Books Ltd

Cetakan I : 2011

Tebal : 167 Halaman

 

Sebuah buku berjudul The Question Book “What Makes You Tick” adalah sebuah buku yang dibuat oleh Mikael Krogerus dan Roman Tschappeler. Sebelumnya Mikael Krogerus dan Roman Tschappeler telah sukses menerbitkan buku  berjudul The Decicsion Book yaitu buku yang menyajikan 50 model berpikir secara strategis dan telah menjadi The International Best Seller. Pada The Question Book, Mikael Krogerus dan Roman Tschappeler menyajikan secara berbeda dari buku sebelumnya. The Question Book dapat dibaca oleh banyak audiens berbeda dengan The Decision Book yang menyasar pada kalangan bisnis yang ingin bisnisnya sukses dengan strategi berpikir yang strategis. The Question Book juga dapat dijadikan sebagai “Personal Tools” atau sebagai pedoman diri untuk masing-masing pembaca karena memuat kurang lebih 170 halaman yang berisi pertanyaan sekitar kehidupan sehari – hari, travelling, pekerjaan, kehidupan seksual, keluarga hingga hubungan antar manusia.

Digambarkan sebagai buku pedoman hidup, itu membuat buku ini berpotensial sebagai sebuah platform untuk review berkala dan sebagai pedoman analisis seseorang yang sedang mencoba untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan kehidupan mereka, bagaimana meningkatkan, mengubah atau bahkan hanya mendapatkan pegangan yang lebih baik di atasnya. Di sisi lain, pertanyaan-pertanyaan  yang ada pada buku ini bisa dijadikan sumber pertanyaan menarik tentang “truth or dare” yang ada pada kehidupan ini. Atau bahkan dapat dijadikan pedoman ketika seseorang mencari kriteria pasangan yang baik. Buku ini sangat mengesankan dengan penyajianya yang menggunakan table, gambar nyata, grafik, list dan lain lain.

The Question Book mempunyai beberapa bagian menarik dalam setiap pertanyaannya. Daftar pertanyaan dalam buku ini juga dipisahkan sesuai kategori yang dibuat sangat menarik. Buku ini sebenarnya hanya berisi berbagai macam pertanyaan. Tetap , jika dilihat lebih dalam buku ini juga dapat bercerita tentang kehidupan para pembaca dengan sajian pertanyaanya. Dalam kategori last year yang berisi pertanyaan kehidupan pembaca sekitar 12 bulan yang lalu. Banyak pertanyaan unik seperti orang yang paling kamu anggap penting, orang yang paling kamu benci, liburan paling mengesankan, kekecewaan terbesar, apa yang paling disesalkan hingga pertanyaan yang agak aneh seperti apa bir terbaik kamu pada tahun lalu, pesta terbaik, negara terbaik yang pernah dikunjungi. Semua pertanyaan itu terlihat simple tetapi sebenarnya semua pertanyaan dalam 12 bulan terakhir tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dan introspeksi dalam diri untuk mengambil sesatu yang baik di tahun lalu, membuang sesuatu yang buruk untuk kehidupan tahun depan yang lebih baik.

Dari banyak kategori pertanyaan dalam buku ini yang paling mengesankan menurut saya adalah kategori “Who You Are” dan “Who You Really Are”. Dua kategori tersebut berisi pertanyaan untuk dapat lebih mengenal diri sendiri, selama manusia hidup mungkin lebih bayak focus pada bagaimana cara mengenal orang lain padahal sebenarnya belum tentu kita sudah mengenal diri sendiri. Pada kategori Ini berisi banyak pertanyaan menarik seperti karakter terbaik dan karakter terburuk kamu, kata yang paling menyakitkan yang orang katakan untukmu, sesuatu yang banyak mengubah hidup kamu, hal-hal yang membuat kamu menyesal, hal-hal yang membuat kamu bangga, gambarkan situasi ketika kamu merasa tidak aman hingga diberikan skala ukuran untuk mengukur diri sendiri akan sifat-sifat yang dimilki. Selain pertanyaan pertanyaan tersebut masih banyak pertanyaan lain yang dapat membuat lebih mengenal diri sendiri untuk membangun karakter diri yang kuat.

Buku ini banyak berisi pertanyaan tentang kehidupan. Selain itu, buku ini juga menyajikan pertanyaan yang tidak banyak orang pikirkan yaitu pertanyaan tentang kematian, seperti kapan terakhir kali kamu melayat seseorang, apa yang kamu pikrikan ketika teman kamu meninggal, apa yang kamu takutkan jika teman/keluarga kamu meninggal, bayangkan ketika kamu akan meninggal apa yang akan kamu lakukan sekarang, bayangkan ketika kamu meninggal apa yang akan kamu katakan pada teman dan keluarga kamu, dimana kuburan yang kamu inginkan ketika kamu meninggal, apa yang kamu akan tuliskan pada batu nisan kamu nanti hingga pertanyaan yang tidak masuk akal seperti apa yang akan kamu rubah ketika kamu meninggal atau apakah kematian akan berubah jika kamu berubah sekarang. Pada kategori ini juga dapat dikatakan menarik karena pembaca dapat membayangkan ketika kematian akan datang kelak.

Pada bagian akhir buku ini, terdapat kategori Final Question. Pada bagian ini berisi pertanyaan kesimpulan dari kategori sebelumnya seperti apakah sekarang adalah waktu terbaik yang kamu selama ini, ukuran karir kerja yang telah dicapai selama ini, seberapa besar energi yang kamu miliki, hingga pertanyaan deskripsikan diri kamu sendiri dalam tiga kata. Akhir kata, The Question Book merupakan buku yang saya rekomendasikan untuk para pembaca lain yang tertarik dengan berjalannya sebuah kehidupan baik di masa lalu, masa kini, masa depan hingga masa ketika kita sudah meninggal. Walaupun hanya berisi pertanyaan, buku ini lebih dapat bercerita jika dibandingkan buku yang hanya berisi kalimat motivasi hingga beratus-ratus lembar halamannya tetapi buku motivasi tersebut hanya didasarkan pada pemikiran penulisnya. Sebaik-baiknya seseorang memperbaiki diri adalah seseorang yang dapat mengatur hidupnya sendiri.


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us