Bedah Buku : Cracking Values bersih, bersinar dan kompetitif (Rhenald Kasali )

Lisliati Tazkiatul Human Resources 01-Apr-2016 17:14

Cracking Values ! Membangun Diri, Organisasi hingga Institusi

          Values atau nilai jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat  didefinisikan sebagai hal-hal yang dapat menyempurnakan manusia dengan hakikatnya. Dari definisi tersebut dapat diartikan bahwa manusia belum dikatakan sempurna jika tidak memiliki nilai. Buku Cracking Values yang memiliki arti penguatan nilai, hadir sebagai ilmu yang bertujuan untuk menyempurnakan manusia hingga negara. Di tengah perubahan nilai-nilai ataupun munculnya nilai-nilai buruk pada masyarakat, buku ini dapat menjadi salah satu tuntunan untuk membuat nilai-nilai yang seharusnya di pegang teguh oleh diri ataupun organisasi.

            Ada beberapa poin penting yang dibahas dalam buku ini. Yang pertama adalah pentingnya nilai-nilai untuk ditanamkan dalam kehidupan dan juga perubahan nilai yang terjadi. Dalam buku ini Rhenald Kasali memberikan berbagai contoh nilai dan pengaruhnya yang terjadi di berbagai negara seperti nilai konfusianisme yang sangat berpengaruh bagi bangsa Asia, nilai bushido yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Jepang dan telah dikombinasikan dengan nilai-nilai modern dan kearifan lokal yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang sayangnya mulai luntur dan berubah karena globalisasi yang terjadi.

            Poin ke dua adalah tata nilai korporasi yang penting bagi keberlangsungan suatu korporat. Tanpa tata nilai suatu korporat tidak dapat bertahan lama hingga berates-ratus tahun. Banyak perusahaan yang bubar jalan karena absennya values dalam manajemen perusahaan.

            “Corporate values are first order oprating philosophies or principles, to be acted upon, that guide an organization’s internal conduct and its relationship with the external world.” – Knowledge Solution ADB

            Kehadiran tata nilai perusahaan memang tidak secara langsung mendorong kegiatan bisnis. Namun jika tata nilai perusahaan melekat dalam setiap proses bisnis, maka ia akan mampu menginspirasi orang-orang yang mengelola bisnis dan membentuk tata nilai masyarakat dan bangsanya (Rhenald Kasali 2012).

            Poin ketiga adalah cracking values, menguatkan nilai-nilai yang menjadi tuntutan publik dan sekaligus penentu bagi masa depan sebuah bangsa. Membangun nilai yang akan menjadi tuntunan setiap korporasi dan merubah hal-hal buruk yang membelengu perusahaan menjadi nilai-nilai yang menjadi kekuatan perusahaan.

            Menurut saya buku cracking values ini harus dibaca oleh setiap orang baik yang ingin menjalankan sebuah bisnis dan organisasi ataupun tidak. Buku ini menuntun setiap orang untuk memiliki nilai dalam menjalani hidup. Sudah saatnya bangsa ini kembali membangun kearifan lokal yang telah banyak menghilang, mengingat kembali pancasila yang hanya dibacakan ketika upacara dan dilupakan dalam etika berbangsa dan bernegara. Saatnya menciptakan kembali nilai baik untuk menjadi tuntunan setiap bangsa Indonesia yang menjadi ciri khas bangsa dan diingat oleh setiap individu yang ada Indonesia karena sudah jelas korupsi, diskriminasi, saling mengabaikan dan nilai buruk lain yang sering muncul di Indonesia bukan tuntunan yang diinginkan masyarakat berbangsa.


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us