Bedah Buku : The Change Book (Mikael Krogerus dan Roman Tschäppeler)

Fais Naufal P. Organization Development 01-Apr-2016 16:52

 

Pengarang       : Mikael Krogerus dan Roman Tschäppeler

Penerjemah      :Jenny Piening

Ilustrasi           : Philip Earnhart dan Dag GrØdal

Publication      : 2012

Penerbit           : Profile Books Ltd

Halaman          : 167

 

If we want to chane things, we have to understand them first. Begitulah kalimat pertama yang menjadi pembuka pembuka dalam buku berukuran saku ini. Buku yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ini mencoba untuk menjelaskan berbagai perubahan, fenomena, dan peristiwa yang terjadi di dunia ini, dengan menggunakan model. Buku ini merupakan suatu percobaan untuk menggambarkan berbagai konsep yang kompleks menggunakan model yang telah disederhanakan. Dalam menyampaikan berbagai konsepnya, buku ini membatasi dirinya, dan membuat penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. Penggunaan model dipilih oleh penulis, karena kepercayaannya bahwa informasi akan lebih mudah diterima dalam bentuk gambar dan grafik, dibandingkan dengan tulisan.

Explaining our world

            Bab ini menjelaskan tentang dunia yang kita tinggali secara luas. Dalam bab ini, terdapat 15 model yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menganalisa dunia kita dan fenomena yang terjadi di dalamnya, seperti teori mengenai pembentukan bumi, teori mengenai trend yang berkembang di dalam masyarakat, dan model yang menjelaskan mengenai alasan dibalik murahnya tariff penerbangan.    

Explaining my world

            Dimulai dengan model yang menjelaskan mengapa terjadi perselingkuhan, bab ini menjelaskan tentang dunia secara personal, yang dilihat dari sudut pandang pembaca secara individu. Bab ini banyak berbicara mengenai hubungan personal manusia, sudut pandangnya terhadap dunia, dan persepsinya terhadap hubungan antar suku dan ras.

Changing my world

            Pada bagian ini, pembaca diajak oleh penulis untuk melakukan tindakan, dan perubahan secara personal, dan dimulai dari diri sendiri. Dalam bab ini, pembaca bisa melihat bagaimana proses pengambilan keputusan mempengaruhi pola pikir mereka sehari hari. Selain itu, terdapat model yang menjelaskan tentang bagaimana seseorang dapat berinvestasi, dilihat dari kacamata agama.

 

Changing our world

            Bab ini merupakan penutup dari buku tentang model ini. Di dalam bab ini, pembaca akan menemukan teori teori dalam skala global, tentang perubahan yang terjadi, dan bagaimana menyikapinya. Salah satu model dalam bab ini, the pre-emption model, membedakan tentang sikap manusia ketika menghadapi ancaman dan mempersiapkan yang tak terduga. Sedangkan dalam model lain mengemukakan tentang bahaya yang timbul dari pemanasan global, dan haruskah kita mempersiapkan untuk menhadapinya.

            Secara keseluruhan, buku ini menawarkan konsep yang menarik dan penyampaian yang sederhana agar dapat dipahami oleh pembaca. Namun, seperti yang dikatakan oleh penulis pada awal buku, terdapat beberapa teori yang terlihat terlalu sederhana, dan tidak menyampaikan pesan yang seharusnya. Selain itu, kebanyakan dari peristiwa dan contoh yang diambil oleh penulis merupakan fenomena yang terjadi di dunia barat, yang belum tentu semua pembaca mengetahuinya secara mendalam.

Favorite model: The Geneticisation Model

Model ini mengangkat tema yang sering muncul pada budaya pop di seluruh dunia, yaitu tentang efek dari kelanjutan penelitian genetisasi pada umat manusia, dan kebudayaannya.

 


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us