Bedah Buku : MYELIN (Rhenald Kasal)

Meilisa Andini Labour 01-Apr-2016 16:36

 

 

Judul Buku : MYELIN

Penulis : Rhenald Kasal

ISBN :978-979-22-5527-0

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Desain cover : Rio Waas

Layout isi : Diana Kusnati

Cetakan pertama : Maret 2010

Tebal : 346 hlm

 

Ringkasan buku :

Myelin atau muscle memory yang dibahas dalam buku ini, memaparkan pada pembaca bahwa manusia tidak cukup berinvestasi pada otaknya saja, tetapi juga pada ototnya (muscle) agar ia berorientasi pada tindakan, membentuk budaya disiplin, membangun intrapreneuring, tata nilai serta kinerja.

 Selain Myelin, istilah lain yang banyak bertebaran adalah intangibles, yang artinya nonfisik atau tak kasatmata. Intangibles ini terbagi dua, yaitu internal dan eksternal. Intangibles internal yang melekat kepada karyawan berupa budaya perusahaan, kejujuran, kerja keras, keterampilan, daya juang, disiplin, semangat inovatif, dan tanggung jawab. Sementara ada intangibles eksternal, seperti loyalitas pelanggan, reputasi, brand image, goodwill, dan kepercayaan.

Rhenald melalui Myelin, bercerita dengan menyuguhkan berbagai macam riset, pengalaman, pengetahuan, dan perjalanan yang berkaitan dengan pembahasan peran myelin sebagai mobilisator perubahan. Cerita-cerita itu umumnya menyentuh hati, memberikan inspirasi, dan menimbulkan rasa bangga.

Rhenald menulis buku ini dalam tiga bagian, yaitu bagian I, II dan III. Pada bagian I, terdapat berbagai kisah hebat dari beberapa orang di berbagai dunia. Kisah tersebut diawali oleh kisah Susan Boyle, seorang wanita yang sudah cukup berumur, namun memiliki suara yang sangat jernih bagaikan Josh Groban. Wanita tersebut juga yang juga menjadi pemenang Britain’s Got Talent, karena dia memiliki sebuah brand image yang menjadi elemen penting intangibles.

Bagian II memaparkan beberapa hal yang terkait dengan fondasi myelin dan intangibles untuk menghasilkan perubahan dan kekuatan, seperti budaya disiplin, sikap entrepreneurship, intrapreneurship, knowledge management, value creation, dan disiplin ekspansi. Dari berbagai cerita tersebut, dapat terlihat bahwa kekuatan intangibles itu tidak lahir begitu saja, tapi harus dibentuk secara disiplin, konsisten dan terus-menerus.

Terakhir, buku ini ditutup dengan evaluasi pembelajaran-pembelajaran yang bisa diambil untuk memupuk intangible serta peran myelin dalam membangun kembali keunggulan dunia usaha dan melakukan perubahan.

 


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us