How to Do a Job Interview on Skype

Galih Tristianni Labour 13-Sep-2015 12:33

Apakah teman-teman sedang mempersiapkan diri untuk wawancara pekerjaan atau pertukaran pelajar via Skype? Aku akan berbagi pengalamanku wawancara via Skype untuk menjawab semua pertanyaan kalian dan menghilangkan keraguan yang mungkin kalian miliki seputar wawancara. Aku akan berusaha menceritakan segala sesuatu yang perlu kalian ketahui berdasarkan pengalamanku - dari menghindari masalah teknis untuk mempersiapkannya sehingga kalian dapat memberikan yang terbaik selama wawancara.

DASAR

Hal-hal dasar yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan wawancara via Skype :

  1. Timezone

                Jika kalian akan diwawancarai oleh orang yang berbeda daerah pembagian waktu, kalian harus memperhatikan waktu. Jangan sampai kalian melewatkan waktu jadwal wawancara hanya karena kalian tidak memahami perbedaan daerah waktu.

  1. Identitas

                Perhatikan Identity Skype kalian yah, jangan sampai muncul ID sexyboy321 sangat tidak profesional, ubah jadi lebih baik ya gunakan nama kalian, misal namaku Galih Tristianni, ID yang baik galihtristianni

  1. Webcam

                Perhatikan posisi webcamnya ya, jadi posisinya jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat dengan diri kamu, buat posisi yang sekiranya lawan kamu nyaman melihatnya.

  1. Lokasi

                Sebelum kamu memulai kegiatan ini, perhatikan juga sekeliling tempat kamu akan melakukan video interview, jangan sampai ada barang yang berantakan atau ada asbak dengan putung rokok yang masih menyala. Hal-hal yang tidak sepantasnya ditunjukkan, janganlah sampai terlihat, dapat berpengaruh terhadap penilaian diri kamu loh.

 

TEKNIK

  1. Sound check

                Biasanya di Skype itu ada tombol untuk kita test suara kita terdengar dengan jelas atau tidak oleh lawan. Gunakan ini untu mengetahui kualitas suara kamu jernih terdengar oleh lawan atau tidak, karena dalam menjawab pertanyaan lawan harus jelas, jika samar-samar akan menganggu kalian dan bisa jadi lawan kita hilang mood buat wawancara kita.

  1. Call a Friend

                Agar lebih pasti, mengenai teknis dalam melakukan interview via Skype, alangkah lebih baik mencoba menghubungi teman kalian untuk melakukan tes sederhana.

 

  1. Gunakan Headset

                Butuh dilakukan karena menurutku jika tanpa Headset suara yang keluar jadi pecah kurang jelas karena suaranya bercampur dengan suara yang ada di sekeliling kita. Sedangkan jika kita menggunakan Headset suara akan jelas tertuju langsung melalui telinga kita.

  1. Presentasi

                Kamu harus tentukan posisi seperti apa yang baik untuk kamu wawancara, duduk atau berdiri. Perhatikan pakaian kalian juga, rapi dan sopan diperlukan sekali. Satu lagi, gambar profil kalian yang rapi juga, jangan senonok. Usahakan jangan gerogi, karena ini berpengaruh terhadap suara kalian yang keluar. Persiapkan mainimal satu jam sebelum kalian wawancara agar semua menjadi siap.  Semoga bermanfaat.


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us