QUALITY IF WORKLIFE

Graceta - @grctpepe Human Resources 13-Sep-2015 12:07

Sebagai generasi muda penerus bangsa diharapkan mampu membangun bangsa ini di saat ini dan di masa yang akan datang, mahasiswa harus melewati masa-masa perkuliahan yang selalu dihiasi dengan modul kuliah, presentasi, jadwal rapat dan juga tugas-tugas yang seakan tiada henti untuk diselesaikan. Memang salah satu kewajiban dasar mahasiswa adalah belajar agar ilmu yang diajarkan oleh dosen dapat dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Namun masa-masa kuliah yang hanya dilalui dengan kegiatan-kegaiatan yang bersifat mainstream seperti belajar dan rapat akan membuat masa-masa kuliah menjadi kaku dan kurang berwarna.

                Blogging

                Yup, yang pertama adalah blogging. Menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa, mengingat salah satu persyaratan paling dasar agar mahasiswa dinyatakan lulus adalah mahasiswa harus membuat skripsi (yang lagi ngerjain skripsi semangat yaa!).

                Nah, salah satu hobi yang erat kaitannya dengan dunia tulis menulis (lebih tepat ngetik sih^^) adalah menulis melalui media micro site/blog atau dalam bahasa canggihnya juga disebut dengan istilah nge-blog, yakni suatu kegiatan menyenangkan dalam menyampaikan pemikiran, curhatan, uneg-uneg, komentar, reportase, review produk dan tempat atau sharing pengalaman yang dituangkan dalam media blog dan memberi kesempatan bagi publik untuk mengaksesnya dari seluruh penjuru dunia. Bahasa kerennya sih, “salah satu cara narsis yang lebih intelek.” (^^)

                Setelah HR Clinic Team Melakukan Real Direct Googling di lingkungan kampus kita tercinta, ternyata salah seorang mahasiswi kita yang bernama Nur Kardina Massijaya atau Ina (Manajemen FEM IPB angkatan 48) mempunyai hobi blogging sejak Kuliah Tingkat satu.

                Menurut "dara manis" yang akrab disapa Ina ini, (pernyataan dara manis ini request dari nara sumber!) tulisan-tulisan yang dihasilkannya seringkali membahas tentang proyeksi seseorang terhadap dirinya dimasa yang akan datang dengan judul "Doa Kedok Ramal". Selain Itu, Ina juga sering menyajikan cerita bersambung, ulasan cita-cita, hingga pandangannya terhadap suatu hal.

Menurut mahasiswi yang juga memiliki hobi fotografi ini, menuangkan pemikiran,pandangan mapun ide melalui media blog dapat membuatnya menjadi lebih objektif dalam bersikap dan bertindak dalam rangka mengarungi kehidupan kampus yang seringkali memunculkan drama dan romantika khas kehidupan kampus. Karena dengan belajar nge-blog, Ina dapat belajar memandang suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda.

                Selain itu dengan menulis di media blog juga dapat membantu Ina menghilangkan penat dan kejenuhan yang timbul karena rutinitas perkuliahan.

Tampilan blog milik Ina, dinamssijaya.tumblr.com 

                Dalam rutinitas kuliah yang amat menyita waktu, ina setidakknya menyempatkan waktu satu kali dalam sebulan untuk "menghiasi" blog miliknya. Penasaran? silakan lihat sendiri blog milik ini di dinamssijaya.tumblr.com. So,let's be Blogger.

                Fotografi   

                Seringkali kita melihat mahasiswa atau mahasiswi membawa kamera kemanapun mereka pergi, seakan-akan kamera yang mereka bawa adalah salah satu bagian tubuh mereka. Objek yang unik dan menarik menjadi buruan para fotografer muda ini. Mereka juga bisa kita sebut mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki hobi fotografi.  Yup, seni fotografi adalah salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh para mahasiswa di seluruh dunia. Berbagai macam komunitas dan aliran juga terdapat dalam seni mengabadikan momen ini, dan tidak sedikit pula karya-karya yang mereka hasilkan dapat merubah dunia dan menjadi suatu entitas akan jejak kebudayaan dari suatu masa.

                Dikarenakan ini majalahnya anak Mahasiswa IPB, maka secara logis dan proposional mutlak maka kita juga akan membahas Seni Fotografi ini melalui ungkapan “mata lensa” mahasiswa Departemen FEM IPB. Mahasiswa yang beruntung untuk kita telisik mengenai pengalamannya di dunia fotografi adalah Mahsiswa FEM IPB angkatan 48 yang memiliki nama lengkap Ahmad Haris Wijaya.     Ahmad mulai tertarik dengan dunia fotografi sejak kelas 3 sekolah dasar (wow!). Pada waktu itu sering meminjam kamera milik pamannya untuk mengabadikan momen disekitarnya secara iseng.      Ahmad lalu mulai benar-benar menekuni hobi  fotografi pada semester 3, dimana waktu itu Ahmad telah memiliki kamera sendiri. Ketertarikan Ahmad pada dunia fotografi diakuinya diawali  atas dasar kecintaannya pada seni visual, dimana fotografi termasuk salah satu bentuk seni visual.

                Ahmad lalu mulai benar-benar menekuni hobi  fotografi pada semester 3, dimana waktu itu Ahmad telah memiliki kamera sendiri. Ketertarikan Ahmad pada dunia fotografi diakuinya diawali  atas dasar kecintaannya pada seni visual, dimana fotografi termasuk salah satu bentuk seni visual.              Objek yang menjadi favorit yang juga pemilik sebuah brand clothing ini adalah produk-produk dan pemandangan alam (landscape). Untuk mendapatkan objek foto yang diinginkannya, Ahmad seringkali menyempatkan waktu untuk hunting objek ke berbagai tempat, seperti pusat kota maupun tempat-tempat alam.

Salah satu hasil foto karya Ahmad

                Menurut mahasiswa asal Kediri ini, hobi yang dijalaninya tersebut sama sekali tidak mengganggu kegiatan kuliahnya, justru mampu menciptakan suatu rasa puas ketika objek yang diinginkannya dapat dibidik lewat lensa kamera miliknya.

                              


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us