Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Bella Safira Labour 28-Nov-2018 16:07

Tidak dapat dipungkiri bahwa gaji menjadi hal yang sangat sensitif. Dalam proses rekrutmen, tahap negosisiasi gaji menjadi tahap yang membuat calon karyawan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, calon karyawan perlu mempersiapkan diri agar sukses dalam negosiasi gaji. HR Clinic berhasil mewawancarai Dining Adhikawati, selaku Consulting Manager pada Perusahaan Mercer. Dining Adhikawati atau biasa disapa Ika telah membagikan hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam menegosiasikan gaji. Berikut hasil wawancaranya.

 

  1. Hal apa saja yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menentukan gaji karyawan?

Dalam menentukan gaji karyawan, umumnya perusahaan menggunakan pendekatan 3P (Pay for Position, Pay for Person, Pay for Performance). Hal ini bergantung pada jenis industri, profil pekerjaan yang dibutuhkan, maupun filosofi remunerasi perusahaan. Namun perlu diingat, setiap industri / perusahaan memiliki standard yang berbeda-beda.

 

  1. Apakah lulusan perguruan tinggi tertentu menjadi faktor dalam penentuan besaran gaji karyawan baik dalam maupun luar negeri khususnya fresh graduate?

Lulusan perguruan tinggi bukan menjadi hal mutlak dalam penentuan besaran gaji, tetapi merupakan salah satu faktor pendukung yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan standar gaji. Hal ini kembali pada perusahaan dan konteks kebutuhan kerja.

 

  1. Menurut Ibu pengalaman utama apa bagi mahasiswa yang harus diefektifkan untuk mempersiapkan diri agar dihargai tinggi ketika masuk ke dunia kerja?

Pengalaman organisasi dan internship dapat menjadi hal yang membuat calon karyawan dinilai lebih. Oleh karena itu sangat disarankan bagi mahasiswa untuk aktif di organisasi dan memiliki pengalaman intership yang relevan dengan pekerjaan yang dituju sehingga bisa menjadi nilai tambah ketika melamar pekerjaan.

 

  1. Seberapa penting bagi fresh graduate atau karyawan berpengalaman untuk selalu perhatian dengan salary survey?

Salary survey merupakan hal yang penting bagi fresh graduate ataupun karyawan berpengalaman. Salary survey dapat menjadi salah satu acuan dalam menegosiasikan gaji. Bagi karyawan berpengalaman yang ingin pindah pekerjaan tentu saja salary survey menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai referensi untuk perbandingan.

 

  1. Apakah kesalahan yang sering dilakukan pelamar kerja dalam menegosiasikan gaji?

Kesalahan yang sering dilakukan pelamar kerja dalam menegosiasikan gaji antara lain:

  1. Menegosiasikan pada waktu yang tidak tepat, dalam hal ini menginisiasikan negosiasi terlebih dahulu sebelum dimulai oleh pewawancara
  2. Menawarkan gaji dengan angka yang tidak dapat dijustifikasi
  3. Memberi kesan take it or leave it

 

  1. Untuk menghindari kesalahan dalam negosiasi gaji, bagaimana cara bernegosiasi yang baik?

Untuk mengindari kesalahan dalam negosisasi gaji, Berikut cara-cara bernegosiasi yang baik.

  1. Siapkan justifikasi serta mengetahui harga pasar
  2. Pahami komponen gaji, tidak hanya melihat gaji pokok saja namun semua komponen remunerasi yang ditawarkan (contoh: tunjangan, benefit, dll)

 

  1. Bagaimana cara meyakinkan perusahaan jika gaji yang diekspektasikan lebih tinggi dari yang ditawarkan perusahaan?

Yakinkan perusahaan dengan kualifikasi yang perlu diapresiasi serta ceritakan pengalaman khusus yang tentunya menjadikan calon kayawan bernilai lebih di mata perusahaan.

 

  1. Jika kedua belah pihak telah sepakat dengan nominal gaji tertentu dan ternyata performa pekerja tidak sesuai yang diharapkan perusahaan, apa yang dilakukan perusahaan?

Bagi pekerja tetap, apabila performa tidak sesuai pada masa percobaan/probation akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk melanjutkan atau memutuskan ikatan kerja. Namun bagi pekerja kontrak maupun calon pekerja yang masih dalam tahap training, hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk melanjutkan atau memutuskan ikatan pekerjaan.

 

  1. Setiap perusahaan memiliki metode khusus dalam penentuan kompensasi karyawan, khususnya Mercer sendiri. Apakah fokus metode digunakan untuk industri tertentu?

Metode dalam penentuan kompensasi berbeda setiap perusahaan dan menjadi hal yang perlu didiskusikan manajemen suatu perusahaan. Setiap perusahaan  memiliki filosofi berbeda sehingga perusahaan memiliki keunikan dalam menentukan komponen gaji. Perusahaan biasanya menggunakan referensi benchmark dengan industri sejenis dengan memperhatikan 3P (Pay for Position, Pay for Person dan Pay for Performance).

 

  1. Apakah Ibu memiliki tips penting bagi mahasiswa yang akan bersiap untuk masuk dunia kerja agar sukses dalam negosiasi gaji?
    1. Lakukan research terkait kisaran gaji sebelum melakukan wawancara.
    2. Berikan justifikasi yang kuat dalam menawarkan nominal gaji

Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us