Dari Hobi Jadi Prestasi

admin Organization Development 22-May-2017 15:34

Ario Ananda Alifianto
Mahasiswa Manajemen
Institut Pertanian Bogor
Angkatan 50

Hobi merupakan sebuah kegiatan yang disenangi seseorang untuk mengisi waktu yang dimiliki. Karena pada dasarnya hobi selalu disenangi, maka hobi dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghibur pada saat waktu luang atau pada saat seseorang merasa jenuh atau bosan. Dengan demikian, biasanya seseorang akan melakukan apapun untuk dapat melakukan hobi masing-masing. Bahkan tidak jarang orang-orang rela mengeluarkan banyak biaya untuk dapat melakukan hobi tersebut.Selain hobi digunakan untuk mengisi waktu luang, tidak jarang hobi yang sering dilakukan dan ditekuni dengan baik mengantarkan seseorang menuju pengembangan diri pribadi dan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan.

Seperti yang dilakukan oleh Ario Ananda Alifianto, seorang mahasiswa departemen Manajemen, Institut Pertanian Bogor angkatan 50 memiliki prestasi yang membanggakan dari hobi yang dilakukannya. Ario memiliki hobi bermain scrabble sejak duduk di tingkat SMA. Menurut Ario, dirinya senang bermain scrabble karena scrabble dapat membantu dalam pengembangan skill pribadinya. Yaitu scrabble dapat membantu menguji otak kiri dan kanan, menambah vocabulary, mengasah skill matematis dan psikologis, dan juga kemampuan anagram yaitu menyusun kata atau kalimat dari kata atau kalimat yang lain, misalnya seperti kalimat Tom Marvollo Ridle yang disusun kembali menjadi kalimat I am Lord Voldemort. Dari hobi bermain Scrabble tersebut, Ario telah meraih prestasi yang prestisius. 

. Ario mengkuti sebanyak sepuluh turnamen scrabble nasional dan empat kompetisi internasional dengan pencapaian tertinggi berhasil menjuarai Asian English Olympics 2016 dan mendapatkan posisi Top 10 di Mind Sports International World Scabble Championship 2016 di Lille, Paris. Prestasi tersebut didapatkan Ario karena termotivasi oleh impiannya sejak SMA untuk dapat mewakili Indonesia di kompetisi scrabble tingkat dunia, serta dedikasi dan konsistensi yang dilakukan Ario untuk meraih mimpinya. Dedikasi dan konsistensinya terbukti dengan usahanya mengikuti ajang Godrej Indonesia Loud (Live Out your Dream) sehingga dapat mengikuti kompetisi MSI World Scrabble Championship 2016.
Bagi Ario, yang merupakan bagian dari genereasi millennial, memiliki prestasi dari hobi yang dimilikinya pasti akan sangat membanggakan. Bagian karakteristik generasi millennial yang pada dasarnya merupakan attention seeker dapat menjadi hal yang positif dengan menunjukkan eksistensi diri Ario dari berbagai prestasi scrabble yang Ario dapatkan. Dengan menunjukkan pencapaiannya yang secara mudah generasi millennial bagikan kepada lingkungannya, Ario juga dapat memotivasi banyak orang untuk mendapatkan berbagai prestasi dari hobi adalah sesuatu yang mungkin dilakukan asalkan dilakukan dengan bersungguh-sungguh. (LTK/SK)


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us