Bagaimana Mengurangi Penggunaan Handphone Saat Bekerja pada Karyawan Generasi Y?

admin Labour 22-May-2017 15:31

Produktivitas kinerja suatu perusahaan dapat dikatakan bergantung dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Karena karyawan merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh perusahaan. Saat ini sumber daya manusia sedang didominasi oleh generasi millenial atau sering disebut “Generasi Y”. Tanpa dipungkiri, dalam jam kerja generasi millenial sering mengakses gadget untuk sekedar melihat kabar di media sosialnya. Setelah itu kecanduan, di waktu kerjanya selalu membuka gadget. Seperti hasil survei yang telah dilakukan oleh JobStreet.com kepada 14.000 koresponden pad awal bulan Mei 2015 lalu. Hasinya mengejutkan, dari 14.000 koresponden terdapat 81% karyawan yang mengakses media sosial saat bekerja. Ini menunjukkan bahwa generasi Y lebih suka mendapat informasi dari ponselnya, dengan mencarinya ke Google atau perbincangan pada forum-forum, yang diikuti generasi ini untuk selalu up-to-date dengan keadaan sekitar.Dengan diketahui seperti ini, untuk mendapatkan produktivitas kinerja yang tinggi perusahaan harus mempunyai cara-cara agar karyawannya memberikan hasil kinerja yang memuaskan, dan dapat menunjukkan bahwa handphone tidak mempengaruhi penurunan produktivitas perusahaan. Karena saat ini perusahaan sedang besaing dalam perkembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dari hasil penelusuran kami, bahwa NET.TV mempunyai strategi bagaimana mengatasi karyawan dengan gadget-nya. Karena ternyata 70% karyawan di NET.TV merupakan generasi millenial.
Berikut adalah strategi yang diterapkan oleh NET.TV :

1. Suasana kerja yang nyaman
Generasi Y sudah terbiasa dengan fasilitas yang nyaman dan mewah. Sama dengan ruang kerja, diharapkan untuk mendukung kinerja sehingga lebih mudah dan efektif. Ruang kerja NET.TV menyerupai café, sebisa mungkin karyawan tidak kaku dalam bekerja.
2. Keterlibatan CEO sebagai Sosok Inspiratif
Dengan terlibatnya CEO dalam setiap pertemuan formal maupun informal, membuat karyawan merasa dekat dan akrab. Hal ini akan berdampak pada produktivitas kinerja karyawan dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan yang semakin tinggi.
3. Update berkala
Karyawan generasi Y ingin mengetahui berita ter-update dari perusahaan. Sebisa mungkin perusahaan selalu menyampaikan berita terkini, sehingga karyawan dapat merasakan perkembangan.
4. Pendekatan kreatif
Hal ini bisa berhubungan dengan pengadaan seragam atau atribut kantor yang kreatif dan unik sehingga karyawan senang untuk memakainya.
5. Performance review yang tidak kaku
Evaluasi performance kinerja harus disampaikan dengan cara yang bisa diterima oleh karyawan, kesan tidak kaku sehingga evaluasi mudah diterima. (Fitria.S)


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us