Organisasi Non-Profit Edukasi Untuk Bangsa Kuala Lumpur Malaysia

admin Human Resources 22-May-2017 15:28

Berdasarkan data dari Puslitfo BNP2TKI pada tahun 2016, Buruh Migran Indonesia di Malaysia adalah penyumbang devisa terbanyak jumlah warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Namun, sebagian besar adalah tenaga kerja yang tidak didukung dengan kemampuan memadai seperti pendidikan yang masih rendah dan soft-skill yang tidak memadai. Oleh karena itu, muncul inisiatif dari Kepala LKBN Antara biro Kuala Lumpur, yang akan memberikan pelatihan untuk menambah kemampuan para TKI. Organisasi yang dinamakan Edukasi Untuk Bangsa (EUB) didirikan pada bulan Juli 2011. Organisasi EUB dilindungi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur dan dibimbing langsung oleh Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur bekerja sama untuk memberikan pelatihan berupa Bahasa Inggris, menjahit, komputer, wirausaha dan kerajinan tangan secara gratis yang dilakukan pada setiap hari minggu. EUB memanfaatkan kontribusi dari tenaga sukarela para ekspatriat dan juga mahasiswa Indonesia.
Edukasi Untuk Bangsa (EUB) adalah sebuah organisasi yang didirikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para TKI agar mampu meningkatkan potensi diri serta lebih berkeyakinan sehingga mengangkat martabat TKI di Malaysia dan mampu berdaya saing secara global. Untuk itu, para Warga Negara Indonesia yang terdiri dari mahasiswa dan para Ekspatriat serta ibu rumah tangga telah melakukan kegiatan sosial dengan mendirikan Edukasi Untuk Bangsa serta menjadi mediator dan fasilitator dengan tujuan berbagi ilmu dan keterampilan terhadap TKI sebagai sesama warga negara Indonesia di luar negeri.

Dengan bekerja sama dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Perum LKBN Antara biro Kuala Lumpur dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK), Edukasi Untuk Bangsa akan memberikan beberapa pelatihan pembelajaran dan keterampilan umum yang terdiri dari Pelatihan Bahasa Inggris dan pelatihan Komputer serta Teknologi Informasi.
Mengenai Pelatihan Bahasa Inggris merupakan kelanjutan dari pelatihan yang telah di adakan sebelumnya terdiri dari dua tingkatan yaitu Beginner dan Upper beginner. Kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris lebih di titikberatkan dalam setiap sesi pertemuan dan dibekalkan dengan materi pembelajaran yang berupa modul yang dikembangkan oleh tim internal Edukasi untuk Bangsa sendiri.
Sedangkan Dalam pelatihan Komputer dan Internet, materi pelatihannya adalah terdiri dari Microsoft Office dan pengenalan internet untuk para pemula. Sedangkan untuk pelatihan tambahan, direncanakan akan diadakan pelatihan keterampilan seperti photo editing (Adobe Photoshop), AutoCad, dasar akunting dan lain-lain. Pelatihan ini akan diadakan setiap hari Minggu dalam 12 kali sesi dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur sebagai tempatnya. Dan waktu pelatihan tersebut adalah pada jam 11.00 - 13.00 untuk sesi Bahasa Inggris di lanjutkan dengan sesi Komputer pada jam 14.00 - 16.00. Para peserta pelatihan ini adalah Buruh Migran Indonesia yang bekerja sebagai pembantu rumah, pekerja restoran, penjaga toko, mekanik, pekerja pabrik, dan lainnya.

Peserta berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya. Dengan harapan yang tinggi untuk berubah ke arah yang lebih baik, para BMI begitu antusias mengikuti program edukasi ini.
Selain mengadakan pelatihan tersebut, pada tahun 2016 organisasi EUB mengadakan kegiatan uji kompetensi sertifikasi pada bidang komputer skema operator junior dan wirausaha. Program sertifikasi perlu dilaksanakan karena telah sesuai dengan Peraturan BNSP No 2 2014, Peraturan Pemerintah No 23, Peraturan BNSP No 07/ BNSP 202/XI/2013, UU No 13 tahun 2003, Keputusan Presiden Tahun 2011, dan adanya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberikan fasilitas berupa peningkatan kapasitas bagi BMI. Selain itu, sertifikasi dapat meningkatkan daya saing yang dapat dinilai secara obyektif melalui keahlian yang dapat ditunjukkan melalui sertifikat. (LD/SK)


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us