Tradisi Akademik Berkualitas sebagai Motor Penghasil Angkatan Kerja Siap Pakai

admin Labour 22-May-2017 15:25

 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi didapatkan infomasi bahwa saat ini perguruan tinggi di Indonesia berjumlah 4.455 institusi. Jumlah ini ternyata melebihi jumlah perguruan tinggi yang ada di Tiongkok yang hanya berjumlah sekitar 2.500 institusi. Padahal jika dilihat dari jumlah penduduk, penduduk Tiongkok jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan Indonesia. Tetapi, sayangnya fakta ini tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan universitas yang terampil dan sesuai dengan kualifikasi dunia usaha yang dibutuhkan.
Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Totok Prasetyo mengatakan bahwa saat ini baru 50 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan akreditasi A. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa baru ada 2 universitas Indonesia yang mampu masuk dalam 500 universitas berkelas dunia.
Padahal di Indonesia, perguruan tinggi menjadi salah satu media untuk menghasilkan angkatan kerja kan, khususnya pendidikan tinggi Indonesia.

yang terampil serta sesuai dengan harapan dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini menuntut adanya perbaikan kualitas pendidikan tinggi indonesia.
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh perguruan tinggi di Indonesia adalah kurangnya pemetaan kualitas pendidikan secara merata di seluruh daerah Indonesia. Persebaran kualitas perguruan tinggi saat ini di Indonesia masih berpusat di regional Jawa dan sekitarnya. Hal ini memang tidaklah mengherankan, mengingat pembangunan dan pemerintah bergerak di Jawa, sehingga kebanyakan lulusan perguruan tinggi yang seusai menyelesaikan pendidikannya akan mencari kerja di Jawa. Fakta inilah yang pada akhirnya jika diperhatikan secara makro akan berdampak pada kesenjangan perekonomian, dimana kebanyakan lulusan terampil dari universitas-univeritas terbaik di Indonesia bergerak ke tengah atau sentra pembangunan negara, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dll. (AW/SK)


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us