Digital Branding Cara Ampuh Rekrut Generasi Millenial

meilisa andini Human Resources 20-May-2017 01:52

Generasi Millenials diprediksi akan menguasai angkatan kerja pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut akan berdampak pula pada sistem rekrutmen yang harus dilakukan oleh berbagai perusahaan dalam menarik para millenial. Terlebih, Millenial memiliki hasrat untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih, dibandingkan dengan generasi X maupun Baby Boomers. Penelitian membuktikan bahwa millenial cenderung memanfaatkan media sosial dalam mencari karier nya.
Menurut Frank Koo, perusahaan atau perekrut harus mampu menjemput para millenial yang berpotensi melalui networking online. Millenial memanfaatkan dunia internet juga untuk membangun jaringan profesional dan menampilkan kemampuan, pengalaman, serta prestasi profesionalnya ke dunia luar, atau dengan kata lain bagi mereka “internet untuk pengembangan karir”. Salah satu media di internet yang digunakan millenial dalam mencari pekerjaan ialah melalui Linked-in.

Melihat karakteristik Millenial yang demikian, perekrut harus mampu melakukan branding yang luar biasa, melalui digital branding.
Digital branding ini dipercaya mampu menarik para millenial, karena dunia digital kini dimanfaatkan tak hanya sebagai wadah untuk membangun relasi sosial, namun juga sebagai sumber informasi. Adanya hal seperti itu tentunya akan membantu millenial untuk mengenali perusahaan lebih dalam dan berpeluang untuk menemukan nilai yang membuat mereka tertarik akan perusahaan tersebut.
Karakteristik generasi Millenial yang seperti itu juga mendorong perusahaan tidak hanya menggunakan strategi digital branding, namun juga mampu membentuk pencitraan perusahaan. Pencitraan tersebut bertujuan untuk membedakan perusahaan yang satu dengan lainnya. Keunikan yang dimiliki perusahaan akan menggugah generasi millenial untuk bergabung di perusahaan tersebut. Tentunya keunikan yang dibangun oleh perusahaan tetap harus beriringan dengan digital branding yang dilakukan. (MA/SK)


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us