KARAKTERISTIK GEN MILLENNIAL BERKAITAN DENGAN EFEKTIVITAS PERKEMBANGAN SUATU ORGANISASI

admin Human Resources 20-May-2017 01:50

Generasi Millenial atau Generasi Y adalah kelompok demografis setelah Generasi X. Menurut para peneliti sosial, kelompok generasi yang lahir di antara tahun 1980 hingga 2000 disebut sebagai generasi millennial. Maka, dapat dikatakan generasi millennial adalah generasi muda masa kini yang saat ini berusia dikisaran 15 – 34 tahun. Pada tahun 2010, Pew Research Center merilis laporan riset dengan judul Millennials: A Portrait of Generation Next. Pada tahun berikutnya, yaitu pada 2011, Boston Consulting Group (BCG) bersama University of Berkley melakukan studi dengan mengambil tema American Millennials: Deciphering the Enigma Generation. Meskipun sudah banyak studi tentang generasi millennial di dunia, terutama di Amerika, Indonesia belum banyak melakukan studi dan kajian tentang hal tersebut. Padahal generasi muda menjadi dominan dalam hal jumlah di Indonesia. Ada sebesar 34,45% jumlah populasi penduduk Indonesia yang berusia antara 15 – 34 tahun. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi millennial memang dikatakan unik. Hasil riset yang dirilis oleh Pew Research Center misalnya yang menjelaskan keunikan generasi millennial dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Yang mencolok dari generasi millennial ini dibanding generasi sebelumnya adalah masalah penggunaan teknologi dan budaya pop/musik. Kehidupan generasi millennial tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama internet, entertainment/hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi ini Di Indonesia pun terjadi hal yang serupa. Hasil survey yang dilakukan Alvara Research Center tahun 2014 menunjukkan Generasi yang lebih muda, 15 – 24 tahun lebih menyukai topik pembicaraan yang terkait musik/film, olahraga, dan teknologi. Sementara generasi yang berusia 25 – 34 tahun lebih variatif dalam menyukai topik yang mereka perbincangkan, termasuk didalamnya sosial politik, ekonomi, dan keagamaan. 

Konsumsi internet penduduk kelompok usia 15 – 34 tahun juga jauh lebih tinggi dibanding dengan kelompok penduduk yang usianya lebih tua. Hal ini menunjukkan ketergantungan mereka terhadap koneksi internet sangat tinggi.
Dengan perkembangan teknologi dan komputer yang semakin maju, generasi ini tumbuh dalam iklim yang sangat dekat dengan teknologi dan serbuan informasi yang cepat dan canggih. Generasi ini adalah generasi yang cepat menerima dan mengadopsi informasi yang lebih cepat, dan akan mencapai kebosanan apabila menjalani metode pelajaran tradisional. Generasi Millenials muncul untuk menjadi generasi yang muncul untuk menjadi teknologi yang paling canggih, yang mencakup teknologi seperti iPod, MP3s, kamera ponsel, PDA, kamera digital dan DVD Player.
Karena adanya teknologi yang begitu canggih dan aliran informasi yang berlimpah dan cepat, generasi millennial menghadapi perubahan yang terus menerus. Mereka selalu mencari tantangan, mempunyai rencana jangka panjang, optimistik, menghargai pengalaman pribadi dan punya pemikiran yang kritis. Karena dalam kehidupan mereka sehari-hari teknologi sudah menjadi bagian dari hidup mereka dan merupakan abad informasi untuk mereka dalam mencerminkan pola pikir mereka dalam gaya belajar pada generasi millineal ini. Generasi ini memperlihatkan gaya belajar yang berbeda Pembelajaran mereka tercermin lebih interaktif melalui kerjasama tim, pengalaman, kolaborasi dan kelompok berpikir, mandiri dan tersturuktur dalam penggunaan teknologi.

Generasi Millennial yang memiliki perbedaan karakteristik yang drastis dengan generasi-generasi sebelumnya yang menjadi panutan mereka, membentuk generasi ini dalam memiliki sifat yang penuh rasa ingin tahu, agresif, dan penuh percaya diri. Mereka memiliki harga diri yang tinggi, selalu mudah untuk 'berteknologi ria' dan bisa menerima perbedaan dengan sangat baik.
Multitasking adalah cara hidup generasi ini, yaitu penanganan informasi dan berkomunikasi. Seperti bagaimana generasi-genarasi sebelumnya pulang ke rumah dan menonton TV, sedangkan generasi ini pulang ke rumah mendengarkan iPod sambil mengerjakan pekerjaan rumah, sambil mengetik SMS dari ponsel mereka. Selain itu, mereka juga menggunakan internet untuk penelitian atau informasi apapun yang mereka butuhkan. Karena multitasking ini, generasi ini tumbuh dengan kemampuan yang lebih baik untuk memproses beberapa aliran informasi pada waktu yang sama. Dalam suatu praktek bisnis, kemampuan dan karakteristik seperti itu dapat membantu organisasi berkembang untuk berubah guna mencapai efektivitas organisasi yang lebih tinggi, yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat jangka panjang sebagai upaya untuk mencapai perbaikan dalam suatu organisasi.


Leave a Comment:


 Archive


   Magazine


   Contact Us